Cara Merawat Sepatu Kulit

Sepatu adalah Hal yang Berharga bagi penampilan seseorang, terutama untuk pria dewasa. Jenis sepatu yang dipakai secara tidak langsung mencerminkan jati diri atau karakter Anda. Jenis sepatu yang Anda pakai  Jika Anda penggemar sepatu-sepatu bermodel formal seperti derby atau oxford, mungkin Anda adalah tipe orang yang sangat menjaga penampilan dan pastinya fashionable. Biasanya jenis sepatu yang digemari umumnya terbuat dari bahan kulit.

Sepatu berbahan dasar kulit memang menarik untuk dipakai. Secara tidak langsung, sepatu formal berbahan kulit menunjukkan kualitas kemapanan seseorang secara luar dalam. Dari sisi luar, sang pemakai pastinya terlihat mapan yang dilengkapi dengan status pekerjaan dan kondisi keuangan yang sudah stabil. Sedangkan dari sisi dalam, sang pemakai terlihat sudah dewasa dan matang dari segi berpikir dan perilaku. Memang lucu, tetapi tidak bisa dipungkiri kalau terkadang banyak orang yang berpikiran ke  arah tersebut, terutama wanita.

 

Gaya dan kebiasaan Anda dalam memakai sepatu menjadi sebuah refleksi dari diri Anda sendiri. Secara tidak langsung, hal tersebut memperlihatkan seperti apa diri Anda sebenarnya. Dalam hal kebersihan dan ketelitian, biasanya banyak pria yang sedikit melupakan dan menganggap remeh dengan berbagai alasan. Sepatu yang kotor dan tidak terawat bisa jadi bumerang untuk diri Anda sendiri.

 

Sepatu berbahan kulit sendiri tergolong gampang-gampang susah untuk dirawat. Karena jika tidak pintar merawatnya, bahan kulit pada sepatu Anda bisa saja retak, bahkan pecah. Belum lagi sengatan panas yang bisa membuat warna sepatu Anda memudar dan tampak tidak menarik. Terkadang banyak orang yang sengaja membuat sepatunya kotor agar dirinya tampak rebel, tetapi percayalah sepatu yang bersih menunjukkan pribadi yang terlihat baik. So guys, inilah langkah-langkah mudah agar sepatu kulit Anda tetap terawat:

 

  1. Kenali jenis kulit pada sepatu Anda

Langkah awal untuk merawat sepatu berbahan dasar kulit adalah mengerti jenis kulit apa yang dipakai untuk membuat kulit tersebut. Jika kulit tersebut berkualitas baik, Anda bisa bernafas lega karena Anda akan semakin mudah dalam perawatannya, walaupun memang membutuhkan modal yang cukup besar. Kenali juga sifat kulit sepatu Anda, apakah dia elastis atau tidak. Apakah dia kuat menghadapi perubahan cuaca atau tidak. Bahkan kenali juga tingkat kelembabannya.

 

  1. Perhatikan posisi penataan sepatu

Langkah selanjutnya adalah bagaimana Anda menyimpan sepatu tersebut. Jika Anda menaruhnya diatas rak sepatu, biasakan untuk memberi jarak antara sepatu kulit Anda dengan sepatu lainnya. Tujuannya untuk menghindari gesekan yang bisa membuat luka baret pada permukaan kulit sepatu Anda. Pastinya Anda akan sangat kesal jika sepatu kulit kesayangan Anda memiliki scratch yang terlihat jelas saat Anda pakai.

 

  1. Hindari udara lembab

Jika Anda meletakkan sepatu tersebut didalam kotak, pastikan juga ada silica gel yang menemani sepatu Anda untuk menghindari jamur dan lembab pada kulit sepatu Anda yang pastinya bisa menyebabkan kulit sepatu Anda lapuk dan pastinya membuat Anda malu untuk memakainya.

 

  1. Pelajari proses mencuci dan mengeringkan sepatu

Cara mencuci juga memiliki pengaruh besar dalam proses perawatan sepatu kulit Anda. Biasakan untuk  menggunakan sikat khusus atau sejenis sponge saat membersihkan sepatu Anda. Sikat khusus untuk sepatu berbahan kulit pastinya memiliki permukaan yang halus dan tidak membuat scratch pada sepatu Anda. Setelah itu, proses pengeringan sepatu juga perlu diperhatikan. Jangan menjemur sepatu Anda di luar rumah saat matahari sedang bersinar dengan teriknya karena panas yang berlebihan bisa membuat kulit pada sepatu mudah pecah. Jika Anda hendak menggunakan dryer untuk mengeringkan sepatu Anda, lapisi terlebih dahulu sepatu Anda dengan koran bekas untuk menghindari panas berlebih ke lapisan kulit sepatu.

 

  1. Semir sepatu Anda agar tetap tampak menarik

Untuk tetap membuat sepatu Anda selalu tampak cemerlang, biasakan untuk menyemir sepatu agar warna pada sepatu tetap cerah dan tampak seperti baru. Carilah produk semir sepatu yang sudah terpercaya dalam mempertahankan warna. Jangan lupa beli semir dengan warna yang sesuai dengan warna kulit sepatu Anda agar tidak merusak warna. Saat proses menyemir, biasakan menyemirnya dalam satu arah agar alur sepatu Anda tidak berubah dan tetap terlihat alami. Untuk menghindari retak-retak tipis pada lapisan kulit, Anda juga bisa mengatasinya dengan beberapa jenis produk yang memang berguna untuk melapisi kulit dari perubahan cuaca seperti terik matahari dan hujan untuk menjaga penampilan sepatu Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>