Cara Merawat Sepatu Kanvas

1Sepatu sneakers atau Sepatu Kanvas biasanya digunakan untuk acara yang bersifat non formal, kasual atau digunakan sehari – hari untuk nongkrong di Mall, Ke Kampus dll. Kebanyakan sepatu ini terbuat dari cotton atau benang sedangkan solnya terbuat dari karet. Sepatu jenis ini termasuk sepatu yang low-maintenance atau termasuk sepatu yang tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus tapi bukan berarti tidak perlu dirawat ya.

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara membersihkan serta merawat sepatu kanvas.

Peralatan

Untuk membersihkan sepatu kanvas, siapkan alat dan bahan berikut ini :

  1. Sikat gigi yang tidak lagi terpakai (baru juga boleh).
  2. Sabun (deterjen bubuk. Namun akan lebih baik bila menggunakan deterjen cair).
  3. Sabun khusus untuk sepatu kain (alternatif kalo punya).
  4. Sikat sepatu (jangan gunakan sikat kain biasa, karena bulu sikat kain biasanya jauh lebih keras dan kaku).
  5. Baking soda.
  6. Kertas bekas.
  7. Semir sepatu.

Step By Step.

  1. Jika sepatu Anda sangat kotor atau berlumpur, tunggu sampai kotorannya kering lalu tepuk kedua sol sepatu hingga kotorannya terjatuh atau bila hanya sedikit bagiannya yang kotor, gunakan sikat gigi yang sedikit dibasahi untuk menggosok bagian yang kotor dan jangan lupa buka tali sepatunya.
  1. Cuci sepatu dengan air yang hangat, gosok perlahan bagian dalam dan luar sepatu. Sikat dengan sikat gigi bagian dalam yang tak terjangkau tangan. Oleskan deterjen ke bagian yang sangat kotor. Jika kotorannya membandel, gunakan baking soda. Lalu bilas sepatu dengan air biasa (air dingin).
  1. Kebanyakan orang memilih untuk mencuci sepatu sneakers dengan menggunakan mesin cuci karena menganggapnya lebih bersih dan praktis. Padahal di petunjuk penggunaan sepatu, sepatu tidak boleh dicuci dengan menggunakan mesin karena beresiko sol sepatu akan terlepas. Jadi, tidak disarankan untuk Anda mencuci sepatu Anda dengan menggunakan mesin cuci.
  1. Jika Anda mencuci sepatu berwarna, pastikan deterjen atau sabun yang Anda gunakan tidak mengandung pemutih atau bleaching. Lakukan tes sabun dengan mengoleskannya di bagian tertentu terlebih dahulu untuk mengetahui apakah sabun yang Anda gunakan akan membuat warnanya luntur atau tidak.
  1. Gunakan cairan atau krim khusus kulit jika sepatu sneakers Anda juga memiliki beberapa bagian yang terbuat dari kulit.
  1. Setelah sepatu selesai dicuci, peras sedikit sepatu dengan cara memutarnya agar air yang tersisa tak terlalu banyak. Lalu gantung sepatu secara terbalik. Jangan menjemurnya di bawah terik matahari yang sangat menyengat karena akan merusak sepatu.
  1. Agar sepatu cepat kering, remas kertas atau koran bekas lalu masukkan ke dalam sepatu. Sebagiannya lagi digunakan bungkus sepatu jika Anda ingin menjemurnya di bawah sinar matahari. Note: jangan gunakan koran untuk membungkus kain putih karena tinta koran akan luntur, gunakan kertas bekas biasa putih polos.
  1. Setelah kering, semprotkan semir sepatu agar sepatu lebih awet. Note: Sebaiknya gunakan semir sepatu yang semprot untuk sepatu kain atau kanvas. Semir sepatu yang berbentuk pasta atau krim akan menimbulkan gumpalan dan susah untuk diratakan.

 

Semoga Tips dari kami Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>